SOSIALISASI TIPS LANSIA AKTIF DAN SEHAT BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN LANSIA DI LAPAS PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA

Dalam rangka pelaksanaan Praktik Kependidikan PLS UNY 2022 telah dilaksanakan kegiatan “Sosialisasi Tips Lansia Aktif dan Sehat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Lansia di Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta”. Sosialisasi dilaksanakan pada pukul 11.00 s/d selesai bertempat di Ruang Kunjungan Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 6 warga binaan pemasyarakatan (WBP) lansia yang didampingi oleh petugas poliklinik lapas dibawah bimbingan Ibu Tristanti, M.Pd., Sabtu, (29/102022)

Adapun pelaksanaan sosialisasi ini adalah sebagai wujud nyata pendidikan usia lanjut. Pendidikan usia lanjut dapat didefinisikan sebagai sebuah rangkaian proses pembelajaran, latihan, dan bimbingan bagi warga belajar usia lanjut dalam rangka mewujudkan masa tua yang berdaya. Selain itu kegiatan ini juga menjadi salah satu pemenuhan hak lansia yang menjalani masa pidana di lembaga pemasyarakatan. Tujuan pelaksanaan sosialisasi bagi WBP lansia yaitu meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan semangat WBP lansia dalam menjalankan pola hidup sehat.

Kegiatan Sosialisasi diawali dengan ice breaking untuk mencairkan suasana dan menarik perhatian peserta. Setelah itu barulah masuk ke tahap penyampaian materi tips lansia sehat dengan metode ceramah yang interaktif. Penyampaian materi dibantu dengan media pembelajaran power point dan flyer yang dicetak secara fisik kemudian dibagikan kepada peserta. Usai penyampaian materi, dibuka sesi diskusi dan tanya jawab. WBP lansia aktif bertanya dan berdiskusi. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan ice breaking yang menyenangkan.

Hasil pelaksanaan sosialisasi yaitu WBP lansia memiliki pengetahuan mengenai tips hidup sehat dan terciptanya kesepakatan bersama para WBP lansia untuk mengimplementasikan pola hidup sehat agar menjadi lansia yang aktif dan sehat. Selain bagi WBP lansia sendiri, dari pelaksanaan kegiatan ini terdapat banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang dapat diambil oleh mahasiswa yang melaksanakan praktik kependidikan. Pelaksanaan kegiatan ini terdapat banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang dapat diambil oleh mahasiswa yang melaksanakan praktik kependidikan. (Ttn)