LENS UNTUK INDONESIA UNGGUL

Yogyakarta, (27/09). Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah periode 2015 hadir kembali dengan program kerja tingkat nasional yaitu Lomba Essay Nasional (LENS). Kegiatan ini adalah kegiatan pada tahun kedua LENS diadakan. Tema yang diangkat dalam lomba essay kali ini yaitu “Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Indonesia Unggul melalui Pendidikan Masyarakat Berkelanjutan”. Hadiah yang diperrebutkan pun sangat menarik  yaitu Trophy gubernur, Trophy Bupati Sleman, Trophy Dekan FIP, Tropy Kajur PLS, dan Trophy Hima PLS beserta pembinaan. Alhasil pesertanya pun dari berbagai macam Perguruan Tinggi di Indonesia. Pendaftaran dibuka pada tanggal 15 Juni 2015-15 Agustus 2015 dan sempat diperpanjang sampai 30 Agustus 2015. Selanjutnya adalah penjurian naskah essay oleh Dr. Sujarwo, M.Pd dan Dr. Iis Prasetyo, M.M untuk menentukan finalis yang akan mempresentasikan karyanya di Universitas Negeri Yogyakarta. Proses penjurianpun terbilang cukup ketat karena karya dari peserta merupakan karya-karya yang luar biasa bagus. Sesuai dengan jadwal, pada tanggal 10 September 2015 adalah pengumuman finalis. Antusias pesertapun terlihat jelas ketika banyak dari mereka yang menghubungi panitia untuk mempercepat pengumuman finalis. Melalui proses yang cukup panjang dan berbagai macam pertimbangan akhirnya terpilihlah 20 finalis yang akan mempresentasikan karyanya di Universitas Negeri Yogyakarta. Mereka adalah Afrizal Zulkarnain UGM, Agnes Martha Lisa UGM, Berta Syafira ITB, Derry Fahrizal UI, Diar Nuricha IPB, Dicky Mahaputra UNIMED, Eko Siam UNY, Feber Widianto UNNES, Juli Purnomo UNS, Muhammad Faisal IPB, Muhammad Azmi ITS, Nur Aliyah UGM, Pentarina Intan UNNES, Raden Diky UI, Rezki UNDIP, Sandy Warman UMM, Tony Abdillah UNDIP, Ulfia Pamujiningsih UNNES, Windo Julioardi Akamigas Minyak dan Gas Balongan, dan Yessi Aryanti UNAIR.
Presentasi dilakukan pada tanggal 25-27 September 2015 disertai dengan minitrip di Yogyakarta. Tepat pada hari Jumat malam tanggal 25 September 2015 adalah kegiatan untuk perkenalan dan juga Technical Meeting untuk presentasi esok hari. Salah satu kenangan uniknya adalah saat itu juga terasa gempa. Semua peserta dan beberapa panitia lari berhamburan keluar. Untung saja, gempa berlangsung singkat hingga TM bisa dilanjutkan lagi. Semua tertawa ketika salah satu panitia ada yang berkata "Anggap saja, gempa tadi adalah sambutan selamat datang dari panitia".
Esok harinya, peserta menuju Universitas Negeri Yogyakarta tepatnya di ruang Abdullah Sigit untuk mempresentasikan karyanya. Kegiatan berlangsung dengan dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Haryanto, M.Pd dan Kepala Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Dr. Sujarwo, M.Pd. Presentasi tersebut dibersamai oleh 2 dewan juri yaitu Dr. Iis Prasetyo, M.M dan Sukinah, M.Pd. Alokasi waktu untuk presentasi ini yaitu 15 menit, dengan 8 menit presentasi, 7 menit tanya jawab. Suasana presentasi pun terasa menegangkan namun, tak luput dari senda gurau dari dewan juri maupun finalis.
Diakhir acara, sekaligus disertai dengan pengumuman finalis para peserta tampak antusias bercampur tegang menunggu pengumuman tiba. Dengan penjumlahan nilai naskah dan juga nilai presentasi, terpilihlah pemenang LENS #2 ini yaitu juara I Berta Syafira Putri dari Institut Teknologi Bandung, juara II Juli Purnomo dari Universitas Sebelas Maret, juara III Eko Siam Muwardi dari Universitas Negeri Yogyakarta, Harapan I Yessi Aryanti dari Universitas Airlangga, harapan 2 Ulfia Pamujiningsih dari Universitas Negeri Semarang.
Setelah presentasi selesai, peserta jalan-jalan sebentar ke rektorat UNY dan kemudian kembali ke penginapan. Malam harinya, peserta mengikuti TM kedua. TM kedua ini acaranya lebih santai karena membahas tentang minitrip. Adapun salah satu permainan dari panitia adalah menuliskan karakter orang lain disebuah kertas untuk dijadikan kenang-kenangan pada nantinya. TM keduapun berlangsung seru karena lebih banyak bercanda dan diakhiri kado silang (sesama peserta dan kado sesuai daerah masing-masing).
Pada hari terakhir, tepat tanggal 27 September 2015 kegiatan ditutup dengan minitrip ke Keraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg, dan Malioboro. Selanjutnya, peserta diantar ketempat mereka mendapatkan transportasi untuk pulang. Segenap panitia dan keluarga Hima Pend.Luar Sekolah mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari semua pihak. Semoga LENS ke-3 dan seterusnya akan semakin lebih baik lagi. Amiin...(lisa/mata)