PRAKTIK JURUSAN MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI BANGUNKERTO VILLAGE

Konsentrasi Wisata Edukasi telah melaksanakan Praktik Jurusan Pendidikan Luar Sekolah selama kurang lebih 4 bulan yang di mulai dari Bulan Februari hingga Bulan Mei. Pelaksanaan praktik jurusan berada di lokasi Wisata Edukasi Bangunkerto Village tepatnya di Jl. Tempel - Turi No.Km.5, Dedapan, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mahasiswa yang melaksanakan Praktik Jurusan Di Bangunkerto Village yaitu Mahasiswa PLS Angkatan 2020 yang beranggotakan 5 orang yaitu Ahnaf Nabil Rusnarasyid, Difa Nur Alifta, Adzkia Hagi Fauzian, Haulata Joyanda, dan Hilarius Wisyudana Putra. Mahasiswa tersebut melaksanakan beberapa tahapan untuk menyelesaikan Praktik Jurusan dimulai dari Assement, Perencanaan Program, Pelaksanaan Program, dan Monev Evaluasi.

Pelaksanaan praktik jurusan didampingi oleh Bapak Dr. Yudan Hermawan, M.Pd. selaku Dosen Pendamping Lapangan dan beberapa dosen yang mengampu Konsentrasi Wisata Edukasi. Selain itu Praktik Jurusan di Bangunkerto Village juga masih didampingi oleh Mas Wisnu Prawijaya, S.Pd. selaku Manager. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa adalah menganalisis, merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program kerja yang telah di tentukan. Selain itu aktivitas Mahasiswa yang dilakukan di Bangunkerto Village yaitu menjadi Fasilitator peserta didik yang melakukan Experiential Learning seperti Outbound, Outingclass, Cooking Class, Mewarnai dan Kegiatan Edukasi lainnya. Selain itu Mahasiswa tidak hanya sekedar menjadi Fasilitator tetapi juga menjadi pendamping sekaligus moderator saat berjalannya suatu acara. Kegiatan di Bangunkerto Village juga tidak hanya sekedar wisata edukasi tetapi juga bisa di gunakan untuk acara maupun event-event lainnya seperti acara perpisahan maupun halal bi halal dan juga forum.

Selama Praktik Jurusan di Bangunkerto Village banyak ilmu dan pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan program kerja yang di lakukan. Salah satunya adalah bagaimana cara memanagement karyawan dan strategi marketing yang di lakukan wisata edukasi tersebut. Sehingga mahasiswa mampu mendapatkan goals selama melaksanakan Praktik Jurusan Di Bangunkerto Village selama 4 bulan lamanya. (AH)