Mahasiswa PLS UNY Kembali Rintis PAUD di Masyarakat

Minggu, 13 April 2014 warga dusun Banyu Urip, Caturharjo, Pandak, Bantul, DIY beramai-ramai mendatangi halaman masjid Al-Hidayah dusun Banyu Urip untuk mengikuti acara peresmian PAUD Harapan. Acara peresmian dimulai pukul 09.15 WIB dengan diawali sambutan mahasiswa PLS angkatan 2011, Bayu Dwi Prasetyo selaku kepala sekolah PAUD Harapan dan dilanjutkan dengan sambutan dari pendamping kegiatan mahasiswa PLS yang diwakili oleh Galih S Erliantu, S.Pd. Acara berjalan lancar sampai peresmian yang ditandai dengan pemotongan pita dan tumpeng oleh Bapak H. Budi Siryanto, B.A. selaku kepala desa Caturharjo dibersamai oleh kepala dukuh Banyu Urip. Dalam sambutannya, Bapak Kepala Desa menyampaikan terimakasihnya kepada mahasiswa PLS yang menggagas berdirinya PAUD Harapan. Beliau berharap PAUD yang sedang dirintis bisa berkembang dengan baik dan bisa semakin maju.

Dalam acara peresmian, juga terdapat penyematan mahkota kepada calon peserta didik sebagai tanda kesiapannya untuk belajar di PAUD. Di akhir acara, panitia pelaksana menyosialisasikan pentingnya PAUD kepada masyarakat Banyu Urip. Panitia juga memperkenalkan PAUD Harapan yang berbasis alam. Acara peresmian PAUD Harapan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat.

PAUD Harapan ini merupakan PAUD yang dirintis oleh mahasiswa PLS UNY yang digawangi Aji Samanta KN, mahasiswa PLS UNY angkatan 2011. Aji yang ditemui setelah acara usai, mengatakan kegiatan merintis PAUD ini sebagai aktualisasi keilmuan mahasiswa PLS yang sudah didapatkan di perkuliahan. Ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, bisa membantu mahasiswa PLS untuk lebih dini menyadari kewajibannya sebagai pengembang masyarakat. Selain merintis PAUD, beberapa kegiatan pelatihan juga sudah dipersiapkan oleh Aji dan kawan-kawan. (fikri)