PENYAMAAN PERSEPSI PRAKTIK KEPENDIDIKAN

Persiapan dan pemantapan pelaksanaan praktik kependidikan (PK) mahasiswa S1 Departemen Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan pada (10/04/2023) di ruang sidang 1 FIPP UNY. Agenda ini mengundang lembaga mitra diantaranya:

1. Kepala SKB Sleman

2. Kepala SKB Kota Yogyakarta

3. Kepala SKB Gunungkidul

4. Kepala SKB Bantul

5. Kepala SKB Kulonprogo

6. Kepala SKB Klaten

7. Kepala Lapas Perempuan Yogyakarta

dan dosen-dosen departemen pendidikan nonformal .

Dengan adanya agenda ini harapannya lembaga mitra yang akan dijadikan tempat mahasiswa untuk praktik kependidikan di semester depan dapat memahami dan memiliki persepsi yang sama terkait pelaksanaan praktik kependidikan.

Agenda ini dibuka oleh Bapak Dr. Iis Prasetyo, M.M selaku sekretaris departemen pendidikan luar sekolah. Pak iis berharap mudah-mudahan kerja sama antara PNF dengan lembaga mitra untuk memfasilitasi mahasiswa praktik dan mengimplementasikan ilmu bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemateri oleh Ibu Tristanti, M.Pd selaku ketua Praktik Pendidikan Departemen Pendidikan Luar Sekolah. Beliau memaparkan terkait tugas dan kewajiban mahasiswa, dosen dan lembaga mitra dalam pelaksanaaan praktik kependidikan diantaranya yaitu: mengikuti kegiatan PK, mengarahkan mahasiswa, menilai dan memberikan evaluasi.

Sebelum agenda ditutup, lembaga mitra diberikan kesempatan untuk memberikan evaluasi terkait pelaksanaan PK di tahun sebelumnya sebagai wadah perbaikan PK di tahun ini. (shr)