MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MENGADAKAN PERKULIAHAN "VISITING PROFESSOR"

Senin-kamis 20-23 November 2023 Departemen Pendidikan Luar Sekolah mendatangkan tamu dari Irlandia yang membawakan materi penting untuk mahasiswa mengenai pendidikan untuk orang dewasa. Beliau adalah Profesor Seamus O’TUAMA, pimpinan ASEM Education and Research Hub for Lifelong Learning dan juga direktur ACE (Adult Continuing Education) di Universitas College Cork.

Dalam presentasinya, Prof. O’TUAMA menjelaskan mengenai lima modal pembelajaran sepanjang hayat: seed capital (modal dasar), identity capital (modal identitas), cultural capital (modal budaya), social capital (modal sosial), dan human capital (sumber daya manusia). Dengan memahami konteks di era sekarang yang menganut modernitas reflektif, kita dapat mengerti dan mengapresiasi apa yang menjadi aspirasi, ambisi, dan harapan peserta didik.

Selasa, 21 November 2023 Prof. O’TUAMA menjelaskan program-program pembelajaran orang dewasa yang ada di ACE UCC. Institusi ini terus maju untuk membangun program pendidikan sepanjang hayat yang menyeluruh. Program-program mereka berfokus kepada peserta didik, untuk semua orang—baik warga Irlandia maupun pengungsi dari negara lain, bahkan juga untuk pencari suaka. ACE UCC telah bekerja sama dengan UNESCO dan memegang teguh visi pendidikan di tahun ini bahwa semua orang tidak ditinggalkan, semua orang berhak mendapat pendidikan (no one left behind).

Terdapat sembilan prinsip kunci pendekatan institusi ACE: berkomitmen untuk agenda menyeluruh pendidikan sepanjang hayat, responsif, relevansi, fleksibilitas, inklusifitas, transparansi, kualitas, berpusat pada peserta didik, dan demokratisasi pengetahuan. Institusi ACE akan membantu sebisa mungkin setiap peserta didik supaya dapat belajar dari segala umur.