Juliette Sendra, Master Degrees Anthropology Aix Marseille Univerity France Visiting Professor di Jurusan PLS FIP UNY

Mahasisawa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) FIP UNY pada semester genap tahun 2018/2019 mendapat kesempatan untuk belajar bersama dengan Juliette Sendra, Master Degrees Antrophology, Aix Marseille University Perancis di dalam program Visiting Profesor. Kegiatan dilaksanakan selama 8 kali pertemuan dengan team teaching bersama  Ibu Dr. Puji Fauziah, M.Pd, Dosen Prodi PLS FIP UNY pengampu matakuliah Pendidikan Keluarga, 18 Maret - 9 April 2019. Tujuan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa mendapatkan kelilmuawan terkait pola pendidikan keluarga yang selama ini terjadi di Indonesia dan pola pendidikan keluarga di negara Perancis. Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan dua Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Dalam pemaparannya, Juliette menjelaskan tentang Konsep Pendidikan Keluarga yang ada di Perancis, diantaranya sebagai berikut: a) status anak dalam kehidupan keluarga di negara Perancis tidak menjadi masalah. Anak yang lahir tanpa melalui ikatan perkawinan menjadi hal yang wajar dan diakui secara resmi oleh pemerintah, b) pemenuhan kebutuhan sehari-hari dalam keluarga di Perancis berbeda dengan di Indonesia yaitu, dalam satu hari setiap keluarga harus memasak sebanyak 3 kali dengan menu yang berbeda. Oleh karenanya, sering sekali seorang suami sering menelpon istri hanya untuk menanyakan menu makan pagi, siang dan malam. Hal tersebut menjadi kewajiban setiap keluarga untuk menjaga keharmonisan keluarga, c) Pola pengasuhan anak sejak kecil dilakukan oleh orang tua. Hal ini sama hal nya dengan di negara Indonesia, akan tetapi mulai dari bayi tidak tidur bersama dengan orang tuanya dalam artian tidur terpisah dengan orang tua.

Pelaksanaan perkuliahan berjalan dengan lancar dan diikuti partisipasi aktif mahasiswa dimana mahasiswa aktif bertanya dan saling sharing pengalaman. Selain itu kehadiran mahasiswa juga selalu hadir tepat waktu dan tidak ada mahasisswa yang absen. (Tris/Rit)