Jurusan PLS FIP UNY Bahas Kerjasama degan Badan Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BBPPM) Yogyakarta

Jumat, 18 Maret 2022 bertempat di Gedung Arjuna Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Provinsi D.I.Yogyakarta. Kegiatan penandatanganan kerja Bersama (PKB) dihadiri oleh Dr. Sujarwo, M.Pd selaku Dekan FIP UNY dan Jajang Abdullah, M.Si selaku Sekretaris Badan BPSDM PMDDTT. Pada kesempatan kali ini, selain penandatanganan MoA antara BPSDM dengan FIP UNY, tidak lupa Jurusan PLS juga mengajukan permohonan penandatanganan dokumen Kerjasama IA dengan BBPPM Yogyakarta. Dalam usulan pembahasan Kerjasama antara Jurusan PLS FIP UNY dengan BBPPM Yogyakarta selaku unit kerja di bawah naungan BPSDM Kemendesa PDTT, jurusan PLS FIP UNY menawarkan Kerjasama dalam kegiatan Praktisi Mengajar Kampus Merdeka dan juga Kerjasama Penelitian Bersama (Joint Research).

Selain Dekan FIP UNY dan Sekretaris Badan BPSDM hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Besar Pelatihan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Propinsi Yogyakarta, (BBPPM) Dr. Ir. Widarjanto, MM. Beliau mengucapkan terimakasih kepada Bapak Sekretaris Badan BPSDM Kemendesa PDTT, dan Bapak Dekan FIP UNY, atas kesediaan dan kehadiran dalam acara penandatanganan MoA ini. Beliau berharap dengan adanya Kerjasama ini akan semakin mendorong dan meningkatkan kinerja dari kedua Lembaga terutama dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdiam kepada masyarakat. Ketua Jurusan PLS FIP UNY, yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd selaku Ketua Jurusan ditemani beberapa dosen muda juga menyambut gembira kegiatan penandatanganan kesepakatan kerja Bersama antara BPSDM dengan FIP UNY.

Sebelum penandatanganan berkas MoA oleh kedua pihak, Dekan FIP UNY menyampaikan terimakasih dan dukungan sepenuhnya kepada BPSDM dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan khususnya pemberdayaan masyarakat desa. Beliau berharap dengan adanya penandatangan kerja Bersama ini, akan semakin mempercepat upaya peningkatan SDM baik untuk BPSDM maupun masyarakat secara luas. Jajang Abdullah, M.Si selaku Sekretaris Badan BPSDM PMDDTT menyampaikan antusias terhadap penandatanganan kerja Bersama dengan FIP UNY, selaras dengan apa yang disampaikan Dekan FIP UNY, bahwa beliau berharap dengan adanya Kerjasama ini dapat lebih meningkatkan dan mempercepat pengembangan sumber daya manusia, karena sesuai denga napa yang menjadi cita-cita Presiden, bahwa salah satu aspek yang harus segera ditingkatkan yaitu dari aspek kualitas SDM. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada UNY sebagai salah satu universitas terdepan dalam membantu meningkatkan kualitas SDM khususnya melalui penyelenggaraan program RPL. Disamping itu, beliau juga memotivasi kepada seluruh pegawai di jajaran Balai Besar Pelatihan Dan Pengembangan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Propinsi Yogyakarata untuk dapat memanfaatkan peluang dan kesempatan peningkatan kualitas SDM melalui Kerjasama-kerjasama yang sudah disepakati antara UNY, Kemendesa PDTT, maupun BPSDM.

Kegiatan penandatanganan kerja Bersama (PKB) ini juga dihadiri oleh ketua LPPM Untidar yang juga menjalin Kerjasama dengan BPSDM dan juga beberapa tamu undangan. Acara ditutup dengan penandatanganan dokumen kerja Bersama dan sesi foto Bersama. Serta diakhiri dengan mengunjungi stand-stand BUMDes yang sudah disediakan tempat oleh panitia penyelenggara di Gedung lokasi penandatangan PKB. (dik)