PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MENTAL MELALUI TERAPI PENDAMPINGAN MEMBATIK DI SENTRA DHARMA GUNA BERSAMA MAHASISWA MAGISTER PLS S2 FIP UNY

Sentra Dharma Guna di Bengkulu merupakan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI. Sentra Dharma Guna juga melaksanakan pemberdayaan terhadap PM (Penerima Manfaat) penyandang disabilitas mental melalui kegiatan terapi penghidupan dalam hal ini keterampilan membatik yang dimentor langsung oleh mahasiswa pascasarjana UNY yang juga merupakan tutor di Sentra Dharma Guna  Bernama Resilia Tiara biasa disapa Tiara dengan dosen pendamping  ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd selaku dosen pendamping  dari UNY

PM (penerima manfaat) yang terlibat pada kegiatan pemberdayaan ini ialah PM (penerima manfaat) perempuan yang berjumlah 6 orang. Kegiatan pemberdayaan ini dilaksanakan setiap hari Senin-Selasa pukul 09.00 sampai pukul 11.00 wib, dan hari Rabu pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.00 wib. Semua kegiatan ini penerima manfaat (PM) tidak dikenakan biaya apapun (Gratis).

Adapun tujuan dari kegiatan pemberdayaan penerima manfaat (PM) di terapi penghidupan membatik ini ialah apabila penerima manfaat (PM) nanti keluar dari Sentra Dharma Guna ini dapat memanfaatkan skill yang didapat sehingga berkegiatan diluar nanti dapat bermanfaat positif dan tidak kembali lagi mengalami guncangan mental dan psikologinya.

Harapan kedepannya dari kegiatan pemberdayaan membatik ini peserta PM (penerima Manfaat), setelah kembali ke masyarakat dapat menerapkan, dan mensosialisasikan ilmu membatiknya sehingga kedepannya dapat mendirikan usaha mandiri dari membatik itu sendiri. Dan kedepannya semoga kegiatan terapi penghidupan melalui kegiatan pemberdayaan dalam hal membatik ini dapat terus berjalan guna memberikan keterampilan terhadap PM dan juga kami dari Sentra Dharma Guna dapat mensosialisasikan cinta budaya lokal.