Mahasiswa Bidikmisi Pendidikan Luar Sekolah Raih Juara I ESSAM di Universitas Lambung Mangkurat

Laila Nur Rosyidah, Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih juara I pada  Lomba Esai Mahasiswa di Universitas Lambung Mangkurat, beberapa waktu yang lalu. Lomba tersebut digelar oleh Hima fisika dalam serangkaian acara Moment Of General Physics Education 8-9 Maret 2014

Lomba yang dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter menyisihkan 15 finalis yang berhak lolos ke tahap final, diantaranya dari Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Institut Manajemen Telkom, Universitas Negri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Andalas Padang.

“Peran pendidikan dalam pengelolaan dan pembentukan karakter bangsa” diangkat menjadi tema lomba essay yang bertujuan membantu mahasiswa ikut berperan aktif dan memberi konstribusi dalam pengelolaan dan pembentukan karakter bangsa. Joglo Ngelmu (Rumah Ilmu) 4 kiblat 5 pancer  adalah judul essai yang diusung Laila Nur Rosyidah yang mengaplikasi model pembelajaran  menggunakan falsafah Kraton Ngayogyakarto hingga mahasiswa bimbingan Y. Ch. Nani Sutarini, M.Pd. ini dapat menyabet juara pertama.

Juara II diraih oleh Universitas Negeri Jakarta. Selain agenda lomba, dalam sesi yang kedua peserta diwajibkan untuk mengikuti seminar nasional dan hypnoteaching yang diisi oleh Drs. Zainuddin, M.Pd, KaProdi Pend Fisika Unlam Banjarmasin, Dr. Rer. Nat. Senam, KaProdi S2 sains UNY dan Prof. Dr. Widha Sunarno, guru besar UNS. (lail/ant)