Pelepasan KKN Mandiri Semester Genap

Rabu (25/2). Mahasiswa harus belajar berbagai hal di masyarakat yang tidak didapatkan di bangku kuliah sedangkan kerja nyata merupakan pengabdian, sumbangkan apa yang diketahui untuk kesejahteraan masyarakat di lokasi. Demikian dikatakan Wakil Rektor II Universitas Negeri Yogyakarta Dr. Moch Alip dalam pelepasan KKN Mandiri UNY Semester Genap di halaman Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) UNY Rabu 25 Februari 2015 yang dihadiri pula oleh pejabat di lingkungan UNY.

Lebih lanjut WR II UNY mengatakan bahwa mahasiswa yang merupakan masyarakat terpelajar hendaknya mau membantu menyelesaikan permasalahan serta berempati pada masyarakat. ”Jaga nama baik Anda, orang tua dan almamater,” pesan Dr. Moch Alip.

Menurut Ketua LPPM UNY Prof. Anik Ghufron kegiatan ini akan berlangsung selama 2 bulan di 3 lokasi yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Sleman. ”Jumlah peserta KKN 516 orang dari 7 fakultas dengan 13 orang dosen pembimbing lapangan” kata Prof. Anik Ghufron. Peserta KKN kali ini berjumlah 516 orang yang terdiri dari Fakultas Ilmu Keolahragaan 28 orang, Fakultas MIPA 18 orang, Fakultas Bahasa dan Seni 56 orang, Fakultas Ilmu Sosial 75 orang, Fakultas Ekonomi 44 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan 247 orang dan Fakultas Teknik 52 orang.

Kota Yogyakarta mendapat kuota 263 mahasiswa di 5 kecamatan, Bantul mendapat kuota 129 mahasiswa di 3 kecamatan dan Sleman mendapat kuota 127 mahasiswa di 2 kecamatan. Pelepasan KKN Mandiri UNY ditandai dengan pemberian kaos KKN secara simbolis oleh Wakil Rektor II UNY pada perwakilan mahasiswa yaitu Laras Pangestuti dan Nanda Indra Tawakal. (mata/uny)
 

Tags: