Arif Wijayanto, M.Pd., MENJADI FASILITATOR UNTUK SEKOLAH PENGGERAK DAN TERLIBAT AKTIF DALAM MEMBERIKAN FASILITAS KEPADA SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SEJAK TAHUN 2022

Yogyakarta, 23 November 2023

Dosen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Arif Wijayanto, M.Pd., sudah menjadi fasilitator untuk Sekolah Penggerak dan terlibat aktif dalam memberikan fasilitasi kepada satuan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sejak tahun 2022. Tugasnya mencakup mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang sedang digalakkan pemerintah dalam upaya penyempurnaan pendidikan di Indonesia. Arif Wijayanto, yang memiliki keahlian di bidang Pendidikan Luar Sekolah, telah lama terlibat dalam penelitian dan pengembangan pendidikan. Kontribusinya sebagai fasilitator Sekolah Penggerak menunjukkan dedikasinya terhadap pengembangan pendidikan di tanah air.


Dalam pernyataan terbarunya, Arif Wijayanto menyatakan, "Saya sangat senang sekali dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan, dalam hal ini menjadi fasilitator sekolah penggerak. Selain berbagi kepada para praktisi tentang pendidikan, saya juga mendapatkan banyak pelajaran yang sangat berharga dimana saya mendapatkan pengetahuan bagaimana para praktisi berjibaku dalam memperbaiki pendidikan. Saya juga sangat berterimakasih kepada Kepala Departemen PLS FIPP UNY yang sudah mendukung pengabdian saya di dunia pendidikan secara praktis.”

Sekolah Penggerak merupakan bagian dari upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini bertujuan untuk mendorong perubahan paradigma pendidikan ke arah yang lebih baik, memperkuat peran pengawas, kepala sekolah, guru, dan stakeholder lainnya dalam meningkatan mutu pendidikan.

Dalam perannya sebagai fasilitator, Arif Wijayanto bekerja sama dengan sejumlah satuan pendidikan PAUD yang ada di kota Semarang untuk menyelaraskan kegiatan pembelajaran dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Ini termasuk memberikan pelatihan/Lokakarya kepada pengawas, kepala sekolah dan guru-guru PAUD, mengunjungi satuan pendidikan, Melakukan Project Management Office (PMO), dan mendampingi Forum kordinasi dan kumunikasi FKK.

Kepala Departemen PLS FIPP UNY, Dr. Pujiyanti Fauziyah, M.Pd. menyampaikan apresiasi atas kontribusi Arif Wijayanto, "Keberhasilan Arif Wijayanto sebagai fasilitator Sekolah Penggerak adalah cerminan dari komitmen PLS FIPP UNY dalam mendukung perkembangan pendidikan“

Dengan semakin meningkatnya fokus pada perbaikan sistem pendidikan di Indonesia, partisipasi aktif dosen PLS FIPP UNY menjadi fasilitator sekolah penggerak merupakan salah satu kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.