Bimbingan Teknis Persiapan Kegiatan Pendampingan BUMDes, Kerjasama Kemenkeu RI dengan UNY

Pada hari Jumat, 17 Mei 2024 telah dilaksanakan kegiatan Trilaterial Meeting Pendampingan BUMDes Tahun 2024 sebagai bentuk kerjasama antara Kementerian Keuangan dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Koordinasi dilaksanakan melalui Zoom Meeting yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB. Adapun agenda kegiatan yakni koordinasi penyiapan kegiatan workshop dan penentuan BUMDes yang akan mengikuti kegiatan workshop.

Zoom meeting diikuti oleh DJPK Kementerian Keuangan, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta, Pendamping BUMDes dari Departemen PNF Universitas Negeri Yogyakarta, DPMD Kabupaten Sleman, DPMD Kabupaten Kulon Progo, DPMD Kabupaten Bantul, DPMD Kabupaten Gunung Kidul, Ketua dan Anggota Tim Reguler Pengelolaan Dana Desa DJPK, serta Ketua dan Anggota Tim Reguler Pengelolaan Keuangan Desa DJPK. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Moderator dan dilanjutkan Paparan Persiapan Kegiatan Workshop Pendampingan Pemberdayaan Desa dan BUMDes oleh Tim Dana Desa, DJPK Kemenkeu. Setelah paparan dilanjutkan dengan diskusi progress persiapan kegiatan workshop oleh pendamping BUMDes dari perwakilan Dosen PNF Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan selanjutnya yakni tanya jawab dan rekomendasi calon peserta BUMDes yang akan terlibat dalam Kegiatan Workshop oleh perwakilan DPMD Kabupaten di Provinsi DIY. Kegiatan diakhiri dengan Penutup.

Tindak lanjut dari kegiatan TM Pendampingan BUMDes Tahun 2024 yakni DPMD setiap Kabupaten segera menyiapkan daftar nama-nama BUMDes yang akan diikutsertakansebagai peserta workshop sebanyak 63-65 BUMDes untuk masing-masing Kabupaten. Narasumber Workshop terdiri dari satu narasumber dari Kemenkeu dan satu narasumber dari pihak UNY. Tim dari UNY segera mempersiapkan kegiatan workshop termasuk segala sarana dan prasarana serta membuat undangan. (Daf)