Sosialisasi Pencegahan Stunting Guna Meningkatan Literasi Stunting di Desa Gununggajah

Dalam mensosialisasikan pencegahan stunting di Desa Gununggajah, Tim KKN PLS UNY Desa Gununggajah di bawah bimbingan Bapak Dr. Hiryanto, M.Si. sebelumnya melakukan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui data dan keadaan penderita stunting yang ada di Desa Gununggajah. Narasumber dari kegiatan observasi ini adalah ketua Posyandu Desa Gununggajah yaitu Ibu Maria. Senin, (25/7/2022).

Dari hasil Observasi tersebut didapatkan hasil data bahwa terdapat 40 anak yang menderita stunting di Desa Gununggajah. 40 anak tersebut akan menjadi sasaran untuk sosialisasi penanggulangan stunting. Kemudian Tim KKN PLS UNY Desa Gununggajah melakukan Koordinasi dengan kader posyandu untuk mengetahui dan merencanakan kegiatan penyuluhan stunting yang akan dilaksanakan. Program yang dirasa sesuai dengan kebutuhan sasaran adalah penanggulanagn stunting dan pemberian makanan sehat bagi anak-anak penderita stunting. Narasumber pada agenda sosialisasi kali ini berasal dari Puskesmas Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan pada Kamis, (24/8/2022). Acara sosialisasi dilaksanakan di Balai Desa Gununggajah yang bertempat di aula. Acara berlangsung selama 2 jam yaitu pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB dengan penuh antusias dan respon hangat dari peserta yang berjumlah 40 orang. Kegiatan tidak hanya berhenti pada sosialisasi saja. Namun, dilakukan pendampingan untuk melihat perkembangan pada sasaran. Perkembangan terfokus pada pemberian nutrisi orang tua kepada anaknya berupa makanakan bergizi sehingga dapat menjadi asupan yang baik bagi pertumbuhan anak.

Adapun target dari kegiatan Sosialisasi ini adalah masyarakat Desa Gununggajah sadar akan pentingnya stunting pada anak. kemudian para peserta sasaran dapat mengevaluasi kegiatan yang sudah diikuti agar mereka dapat menilai mengenai keberhasilan program yang telah dilaksanakan. (Arfn)