KEGIATAN PRAKTIK JURUSAN KONSENTRASI PEMBERDAYAAN KELUARGA DI PERWAKILAN BKKBN DIY

Pelaksanaan praktik jurusan di 2 bidang, yaitu Bidang Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting dan Bidang Pemberdayaan Keluarga. Dalam Pelaksanaannya di lapangan, kami dibagi menjadi 3 bagian antara lain Balita, Remaja dan Lansia. Pada bidang tersebut kami beranggotakan:

  1. Nur Hidayah Wijayanti
  2. Anita Wahyutami Setyadi
  3. Aldhyan Fachredzy Sama
  4. Atika Dwi Haqyanawati
  5. Rahma Nur Febriyanti

 

Pada bidang Pemberdayaan Keluarga salah satu programnya yaitu Program Sekolah Lansia yang menjadi tempat praktik jurusan untuk membantu dalam pelaksanaan program. Program Sekolah Lansia merupakan program yang dilaksanakan di kelompok BKL yang berada di beberapa kelurahan. Di Yogyakarta terdapat 8 sekolah lansia dibawah naungan Perwakilan BKKBN DIY, yang merupakan salah satu program dari Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) dan bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) sebagai pengajar proses pembelajaran sekolah lansia. Dalam pelaksanaannya Kelompok BKL yang menjadi wadah bagi berjalannya program sekolah lansia. Kegiatan kami selama praktik jurusan yaitu mengunjungi beberapa sekolah lansia saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satunya sekolah lansia di BKL Cempaka di Dusun Sribit, Sendangtirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman. Di BKL Cempaka kami diberikan tugas untuk mengambil data diri peserta sekolah lansia yang akan diinput ke aplikasi GoLantang dan ditugaskan untuk mendokumentasikan kegiatan pembelajaran serta membuat video konten. Selain fokus pada kunjungan pelaksanaan program sekolah lansia kami juga ditugaskan untuk menginput data-data BKB kecamatan di Yogyakarta dari aplikasi SIGA, data Program 2 Telur Sehari Bagi Keluarga Resiko Stunting, menginput data peserta sekolah lansia beserta narasumbernya, dan kami juga diikutsertakan dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Pokja Pemberdayaan Keluarga.

Pada bidang Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting melaksanakan program percepatan penurunan stunting. Program tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Mei 2024 di Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Program yang dilaksanakan berupa focus group discussion (FGD) dengan judul “Penguatan Komitmen dan Peran Panewu dan Lurah Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Wilayah”. Di acara tersebut kita dilibatkan dalam FGD untuk langsung berdiskusi baik bersama panewu dan lurah, pemateri maupun dengan Kepala Biro Pemerintahan DIY terkait upaya yang dilakukan mereka mengenai kenaikan angka stunting di DIY sebesar 1,6% bersumber dari SKI 2024. Selain itu kita mendokumentasikan kegiatan untuk diupload di media sosial BKKBN DIY. Kita juga membuat notulen kegiatan dan merekap data Rencana Tindak Lanjut (RTL). Selain itu kami bertugas sebagai operator yang memaparkan materi para narasumber.