PRAKTIK MAGANG DAN PELAKSANAAN PROGRAM KONSENTRASI WISATA EDUKASI DI GEMBIRA LOKA ZOO

Mahasiswa semester 6 Prodi Pendidikan Nonformal melakukan praktik magang konsentrasi Wisata Edukasi yang dilakukan di Gembira Loka Zoo dimulai pada akhir bulan Februari hingga awal bulan Juni. Mahasiswa tersebut diantaranya adalah Nur Hanifah, Desintha Putri Utami, Nanda Az Zahra, Hawa Gaotama, Isna Latifah, dan Nahla Saefana. Dalam pelaksanaan praktik magang, mahasiswa ditempatkan pada bagian Marketing/ pemasaran wisata edukasi untuk membantu terkait pelaksanaan pelayanan dan lainnya. Tak hanya belajar mengenai hal yang terkait dengan pengembangan dan pemasaran wisata edukasi, kami juga diajarkan terkait hal lainnya yang saling berkaitan satu sama lain seperti pembentukan sebuah planning mengenai program yang akan dilakukan, analisis potensi yang ada, pengembangan dan bahkan penginovasian sebuah program yang sudah ada agar semakin lebih baik. Dalam pelaksanaan magang ini, kami yang didampingi Pendamping Lapangan melakukan beberapa kegiatan setiap harinya sesuai dengan plotting dan jobdesk masing-masing, sehingga dengan demikian kami dapat mempelajari dan mempraktikan kegiatan yang sudah di jadwalkan sedemikian rupa.

Dalam proses magang ini, kami melakukan berbagai kegiatan seperti:

  1. Pelaksanaan Program PLS (Pembelajaran Luar Sekolah)

Program PLS merupakan program kerjasama yang dilakukan antara Prodi Pendidikan Nonformal dengan GL Zoo. Adanya program PLS ini berkaitan dengan fungsi Ex-Situ lembaga konservasi GL Zoo yang salah satunya adalah sebagai tempat dan sarana edukasi bagi masyarakat terkhusus generasi muda. Program tersebut yang juga berjalan ketika pelaksanaan magang GL Zoo, menjadikan kami diberdayakan untuk mengembangkan program PLS. Mulai dari menjadi fasilitator, dokumentasi dan bahkan mencari ide-ide kreatif untuk pelaksanaan kegiatan pojok kreatif, selain itu kami juga belajar mengenai pelaksanaan sebelum program tersebut dilakukan seperti menentukan jumlah fasilitator, menyiapkan kebutuhan sarana dan prasarana dan lainnya.

 

  1. Pelaksanaan Program SMS (Satwa Masuk Sekolah)

Tak hanya program PLS, GL Zoo juga menginisiasi program SMS yang dimaksudkan untuk mengajarkan dan mengenalkan satwa yang ada dengan mendatangi sekolah-sekolah secara gratis dengan SK yang berlaku. Dengan adanya kegiatan ini, kami juga diajak untuk melakukan sosialisasi kepada anak-anak mengenai satwa dan mengajak anak-anak untuk tetap menjaga lingkungan demi kelestarian satwa yang ada.

 

  1. Pengembangan Zona Edukasi

Zona edukasi GL Zoo adalah satu hal yang menarik, karena dalam zona edukasi terdapat beberapa pembelajaran tersendiri yang mungkin saja tidak didapatkan ditempatlain. Mahasiswa magang wisata edukasi diajak untuk mengembangan zona edukasi, mulai dari pengecekan data awetan, pengembangan museum satwa, bahkan diajak untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan pupuk dari kotoran gajah. Kami juga diarahkan untuk mencari beberapa referensi yang sesuai untuk pengembangan zona edukasi ini.

 

  1. Penelitian

Untuk mengetahui pengaruh “lethong liman”, kami diajak untuk melakukan sebuah penelitian dengan membandingkan pengaruh penggunakan pupuk bagi tanaman. Penelitian ini mulai dilakukan pada bulan Mei hingga Juni, untuk mengetahui pengaruh pupuk tersebut. Kami diminta untuk mengamati perkembangan yang ada, sehingga nantinya akan mengetahui keberhasilan dari penelitian yang dilakukan.

 

  1. Pelayanan bagi pengunjung

Pelaksanaan pelayanan yang ada di GL Zoo merupakan hal utama yang sangat ditekankan agar pengunjung selalu nyaman, pelayanan yang dilakukan ini mencakup pelayanan di Customer Service dan Portir. Dalam pelaksanaan pelayanan, kami akan berinteraksi langsung dengan pengunjung sehingga kami dapat mengetahui apa yang dibutuhkan pengunjung dan menjadi problem solver.

 

  1. Pembuatan Video dan Papan Edukasi

Dalam memberikan sebuah informasi, kami juga diajarkan untuk menginovasikan terkait pemberian informasi bagi pengunjung sehingga nantinya pengunjung akan lebih tertarik dan mengerti. Kami diajarkan dan diminta untuk membuat sebuah video edukasi dan papan edukasi yang sebelumnya sudah kami cari terkait dengan materi apa yang akan disampaikan, penginovasian dalam model penyampaian informasi ini diharapkan membantu pengunjung untuk megetahui fakta unik satwa atau tumbuhan yang ada di GL Zoo.

 

  1. Mbiro Karnaval

Mbiro Karnaval adalah kegiatan akhir bulan yang dilakukan oleh GL Zoo dengan melakukan sebuah pawai satwa dan pentas menarik, tak hanya itu daya tarik pengunjung ketika Mbiro Karnaval adalah pembagian souvenir. Kami magang GL Zoo juga diajak ikut serta dalam kegiatan tersebut untuk meramaikan dan membagikan souvenir yang ada.