- plsfip@uny.ac.id atau plsfipuny@gmail.com
- http://pls.fip.uny.ac.id
- @jurplsfipuny
- facebook.com/plsfip.uny
You are here
PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BAGI PEMANDU WISATA UNTUK MENDUKUNG INCLUSIVE TOURISM DI DAERAH BEJIHARJO, GUNUNG KIDUL
Pada tanggal 25 Juni 2024, Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), departemen Pendidikan Nonformal, FIPP melaksanakan pengabdian masyarakat yang terdiri dari Dr. Iis Prasetyo, S.Pd., M.M., Prof. Entoh Tohani, M.Pd., Akhmad Rofiq, S.Pd., M.Pd., dan Adin Ariyanti Dewi, S.Pd., M.Pd. dengan melaksanakan kegiatan pelatihan di Desa Bejiharjo. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para pelaku pelayanan pemandu wisata mengenai konsep dan praktik pelayanan prima untuk mendukung pariwisata inklusif di desa tersebut.
Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Bapak Akhmad Rofiq, S.Pd., M.Pd., yang mewakili tim pengabdi dari UNY. Selanjutnya, acara pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala Bumdes Desa Bejiharjo yang turut mendukung dan menyambut baik kegiatan pelatihan ini. Materi pelatihan disampaikan oleh narasumber ahli, Bapak Imam Widodo, yang merupakan Ketua Umum DPP HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia). Bapak Imam Widodo menyajikan berbagai topik penting terkait pelayanan prima. Penyampaian materi dilakukan dengan metode interaktif, yang melibatkan presentasi, tanya jawab, dan diskusi kelompok.
Peserta pelatihan menunjukkan antusiasme yang tinggi sepanjang kegiatan. Banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan dan berdiskusi aktif, menunjukkan rasa ingin tahu yang besar serta keinginan untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Diskusi yang terjadi tidak hanya memperkaya pengetahuan peserta, tetapi juga membuka wawasan baru tentang tantangan dan solusi dalam memberikan pelayanan prima di bidang pariwisata.
Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan dan simbol kebersamaan antara tim pengabdi, narasumber, dan peserta pelatihan. Melalui pelatihan ini, diharapkan para pelaku pelayanan pemandu wisata di Desa Bejiharjo dapat mengimplementasikan pelayanan prima dalam aktivitas mereka sehari-hari, sehingga dapat mendukung pengembangan pariwisata inklusif yang lebih baik.
Kontak Kami
Copyright © 2024,