MAGANG PNF KONSENTRASI BIDANG PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI DENGAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Pada hari Senin, 26 Februari 2024 telah dilaksanakan penyerahan mahasiswi magang, salah satunya di Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul sebagai bentuk praktik kerja lapangan bagi mahasiswa yang melaksanakannya. Penyerahan dilaksanakan secara langsung dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB. Adapun pelaksanaan magang dilaksanakan selama 4 (empat) bulan hingga bulan Juni 2024.

Magang Dinas Pariwisata Kabupaten Gunugkidul diikuti oleh 5 (lima) orang mahasiswi Pendidikan Nonformal, Universitas Negeri Yogyakarta yang didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan yaitu Dr. Yudan Hermawan, S.Pd., M.Pd. Mahasiswi magang di Dinas Pariwisata Gunungkidul dibagi menjadi 3 (tiga) bidang, diantaranya Pengembangan Destinasi Wisata, Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata, serta Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata.

Selain praktik di kantor, mahasiswi magang Dinas Pariwisata Gunungkidul juga melaksanakan praktik lapangan di Visit Karangrejek, Wonosari, Gunungkidul yang dilaksanakan selama 2 (dua) minggu. Visit Karangrejek dikelola oleh warga Dusun Karangrejek dari berbagai kalangan usia. Mahasiswi yang praktik disana mendapatkan sangat banyak ilmu dan pengalaman yang sangat berharga. Mulai dari meningkatkan keterampilan analisis, perencanaan, pengembangan, pengorganisasian, pengelolaan informasi, pemasaran, pendampingan, hingga monitoring dan evaluasi program wisata edukasi.