UPGRADING PELATIHAN FASILITATOR PLS GL ZOO SUKSES TERLAKSANA

Upgrading Pelatihan Fasilitator PLS GL Zoo telah sukses dilaksanakan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Puri Mataram Yogyakarta yang diikuti oleh 21 fasilitator dan dihadiri oleh Bapak Ibu Dosen serta Narasumber pengisi materi. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Rabu, (25/01/2023)

Setelah 3 tahun kegiatan PLS GL Zoo tidak terlaksana karena pandemi Covid-19, pada akhir tahun 2022 kegiatan tersebut kembali dilaksanakan untuk melanjutkan program unggulan dari Departemen PLS GL Zoo. Tujuan diadakannya Upgrading adalah untuk membekali serta meningkatkan kapasitas fasilitator PLS GL Zoo dalam pelaksanaan pendampingan Sobat Satwa di Gembira Loka Zoo.

Terdapat tiga rangkaian upgrading dengan berbagai materi yang disampaikan. Diantaranya, materi mengenai Mengenal lebih dalam budaya dan edukasi wisata di GL Zoo yang disampaikan oleh Yosi Hermawan. Tak hanya itu, ia juga menyampaikan mengenai sejarah berdirinya Gembira Loka Zoo dan fakta unik mengenai satwa yang ada disana.

Narasumber selanjutnya yaitu Luthfy Maulida yang menyampaikan tentang Experiental Learning. Yang mana ia menjelaskan mengenai proses pembelajaran dimana fasilitator menggabungkan pengetahuan, keterampilan dan nilai melalui pengalaman-pengalaman langsung yang ada di Gembira Loka Zoo. Narasumber yang terakhir yaitu Teguh Rahmat menjelaskan Be Brave To Speak Up, ia memberikan tips public speaking yang baik.

Antusiasme fasilitator yang tinggi dalam rangkaian upgrading diapresiasi oleh Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd., selaku Kepala Departemen Pendidikan Luar Sekolah. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan harapannya terhadap fasilitator dan pihak Gembira Loka Zoo.

“Dengan diadakannya upgrading ini, fasilitator PLS GL Zoo diharapkan dapat mengerti point of view betapa pentingnya peran fasilitator sebagai pemandu dalam pembelajaran diluar sekolah di Gembira Loka Zoo sehingga perlu memahami seluruh materi, sikap maupun skill agar dapat menyampaikan dan mengarahkan Sobat Satwa dengan baik dan berkesan. Harapan untuk Gembira Loka Zoo setelah masa jabatan fasilitator sudah selesai mereka bisa mendapatkan sertifikat dari pihak Gembira Loka Zoo”. Ungkapnya. Kegiatan Upgrading ditutup dengan praktek outbound. Yang mana pada kesempatan ini fasilitator diberikan kesempatan untuk merencanakan outbound untuk anak-anak dan mempraktekan kepada fasilitator yang lain secara bergantian. (Arfn)