Sosialisasi Kegiatan Praktik Jurusan kepada Lembaga Mitra

Selasa, 21/02. Dalam rangka menyamakan persepsi terkait kegiatan praktik jurusan antara Jurusan PLS FIP UNY dengan Lembaga Mitra, Jurusan PLS FIP UNY menyelenggarakan kegiatan Sosialsasi Praktik Jurusan kepada Lembaga Mitra, Selasa, 21 Februari 2017 di Ruang Laboratorium PLS. Lembaga mitra tersebut diantaranya TBM Mata Aksara, TBM Guyup Rukun, TBM Kerai, TBM Luru Ilmu, Rumah Pintar Pijoengan dan Cakruk Pintar.

Dalam sambutannya, Lutfi Wibawa, M.Pd., selaku Ketua Jurusan PLS mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan kesediaan lembaga untuk saling bersinergi di dalam kegiatan Praktik Jurusan pada semester Genap 2016/2017. Lebih lanjut, Lutfi menjelaskan gambaran Praktik Jurusan yang akan dilaksanakan di lembaga mitra, dimulai dari latar belakang, tujuan, prosedur dan kegiatan utama yang harus dilakukan oleh mahasiswa PLS. "Kegiatan Praktik Jurusan ini dalam rangka membekali kemampuan praktis mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu ilmu yang telah dipelajari pada semester sebelumnya", sambung Lutfi. "Lulusan PLS akan diarahkan menjadi Pendidik PLS dan Pengelola Program PLS", tambahnya.

Dalam kesempatan itu, para pengelola lembaga tempat Kegiatan praktik Jurusan ini diberikan kesempatan untuk menyampaikan program yang dilaksanakan di lembaganya dan memberikan masukan terkait pelaksanaan Praktik Jurusan. Pak Muhsin Kalida, selaku pengelola Cakruk Pintar memberikan apresiasi positif pelaksanaan Praktik Jurusan. "Kami berterimakasih atas program Jurusan PLS yaitu Praktik Jurusan. Kami siap saling membantu untuk kesuksesan kegiatan ini. Kami tunggu mahasiswa di Cakruk Pintar" jelas Muhsin.

Pengelola TBM lainnya juga mengapresiasi positif kegiatan praktik jurusan ini. "Kami berharap, semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan saling memberikan manfaat satu dengan yang lainnya", uangkap Nuradi, Pengelola TBM Mata Aksara.

Kegiatan Praktik Jurusan ini terdiri dari 7 matakuliah, yaitu Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal, Praktik Pendidikan Keaksaraan, Praktik Pendidikan Kepemudaan, Praktik Pendiidkan Kecakapan Hidup dan Pelatihan Kerja, Praktik Pendidikan Pemberdayaan Perempuan, Praktik Pendidikan Keluarga, dan Praktik Pendidikan Usia Lanjut. Praktik Jurusan dilaksanakan di lembaga PLS yang berada di masyarakat seperti Taman Bacaan Masyarakat dan Rumah Pintar. Mahasiswa melakukan 9 tahap yatiu Asessment/ Identifikasi Kebutuhan, Penyusunan Desain Program, Penyempurnaan Program, Penyiapan Perangkat, Pelaksanaan Program, Penilaian, Umpan Balik, Evaluasi Program Menyeluruh, dan Tindaklanjut. (mata)