DEWAN PERTIMBANGAN ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PLS FIPP UNY LAKUKAN SERAP ASPIRASI KEPADA SELURUH MAHASISWA PLS

ASMA (Aspirasi Mahasiswa) merupakan program kerja yang dilaksanakan oleh DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) HIMA PLS FIPP UNY yang didampingi oleh Bapak Arif Wijayanto, MPd. selaku pendamping kemahasiswaan Departemen Pendidikan Luar Sekolah. Program ini bertujuan untuk mewadahi aspirasi teman-teman mahasiswa PLS dalam bentuk kritik, saran, masukan maupun pertanyaan yang ditujukan kepada Departemen PLS dan HIMA PLS. Program kerja ini sebagai jembatan komunikasi antara warga PLS untuk menjadikan PLS yang lebih baik dan terjalin hubungan yang baik antar warga PLS.

Aspirasi Mahasiswa ini mulai dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 10 Mei melalui google form dengan melibatkan teman-teman mahasiswa PLS, teman-teman HIMA PLS, serta share melalui grup tiap angkatan.

Terdapat beberapa aspirasi yang masuk yang ditujukan kepada Departemen PLS dan HIMA PLS, setelah melakukan rekapitulasi selanjutnya disampaikan kepada pihak yang bersangkutan untuk meminta tanggapan terhadap aspirasi yang masuk. 

Pada hari jumat tanggal 12 Mei 2023, kami menyampaikan aspirasi kepada Ibu Puji selaku perwakilan dari Departemen PLS sekaligus meminta tanggapan dari beliau. Alhamdulillah respon dari beliau sangat bagus dan mendukung dengan adanya Aspirasi Mahasiswa ini, karena dengan dilaksanakannya program ini dapat menjembatani antara Mahasiswa dengan Dosen PLS maupun dengan HIMA PLS dan tentunya dapat mengisi ruang komunikasi untuk menjadikan PLS yang lebih baik. Nantinya aspirasi dari mahasiswa ini akan dibahas dalam rapat departemen untuk segera ditindaklanjuti.

Salah satu yang disampaikan oleh mahasiswa PLS adalah tentang mengusulkan adanya forum komunikasi terbuka antara dosen dan mahasiswa agar mahasiswa bisa menyampaikan langsung kendala-kendala dalam perkuliahan serta adanya agenda yang dapat mempererat silaturahim antara dosen dan mahasiswa.

Dengan adanya aspirasai mahasiswa (ASMA) yang dilaksanakan oleh DPO HIMA PLS ini memberikan masukan dan saran baru terhadap Departemen PLS agar lebih baik kedepannya. Departemen PLS pun sangat terbuka dengan adanya masukan dan saran dari mahasiswa. Mari bersama bersinergi untuk memajukan dan mensejahterakan mahasiswa PLS serta menciptakan hubungan yang harmonis antar mahasiswa PLS. (shr dan dn)