Kuliah Umum Jurusan PLS Praktisi Masuk Kampus #1

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNY mengadakan kegiatan kuliah umum series praktisi masuk kampus. Dr. Puji Yanti Fauziah selaku kajur PLS menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kuliah umum yang diisi oleh narasumber selaku praktisi yang di dunia usaha, dunia industri hingga birokrasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan serta wawasan dunia kerja sebagai praktisi untuk para mahasiswa pendidikan luar sekolah UNY. Adanya acara ini para mahasiswa diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan sebagai praktisi di dunia kerja, baik pada dunia usaha, dunia insdustri hingga birokrasi, jelas Puji Yanti. Kegiatan kuliah umum series ini dilakukan tiga kali mulai dari kuliah umum pratisi masuk kampus #1 hingga kuliah umum praktisi masuk kampus #3.

Kegiatan kuliah umum praktisi masuk kampus #1 dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 10 Desember 2021. Kuliah umum praktisi masuk kampus pertama ini dilaksanakan dari pukul 18.00 – 11.30 WIB secara online dengan menggunakan media zoom meetings. Kegiatan kuliah umum praktisi masuk kampus pertama ini menghadirkan narasumber tiga narasumber. Ketiga narasumber tersebut adalah Nani Asyfiah, S.Sos, M.Si selaku praktisi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Topik materi yang dibawakan oleh Nani Asyfiah, S.Sos, M.Si adalah program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Narasumber kedua adalah Dr. Ir. Widarjanto, M.M selaku kepala balai pelatihan dan pemberdayaan masyarakat (BBPPM) desa tertinggal dan transmigrasi Yogyakarta. Dr. Ir. Widarjanto menyampaikan materi dengan topik program pembedayaan masyarakat di BBPPM. Narasumber ketiga adalah Tristanti, M.Pd, selaku dosen Pendidikan Luar Sekolah UNY sekaligus praktisi pemberdayaan masyarakat. Tristanti, M.Pd, membawakan materi dengan topik Pendidikan non formal dan pemberdayaan masyarakat.

Acara ini diikuti oleh semua mahasiswa Pendidikan Luar sekolah UNY , baik mahasiswa S1 maupun mahasiswa S2. Moderator yang memandu acara ini adalah Dian Kurnia Muldani yang merupakan mahasiswa S2 Pendidikan luar sekolah UNY . Acara ini terlaksanan dengan lancar dan kondusif. Para narasumber meyampaikan materi pada sesi materi dan diikuti dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Acara ini diakhiri dengan dokumentasi dan penutup pada akhir acara. (anf/dik)