IIS PRASETYO DOSEN FIP UNY MERAIH GELAR DOKTOR DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE

Iis  Prasetyo, dosen jurusan pendidikan (jurdik) Luar Sekolah FIP UNY berhasil meraih  gelar Doktor dengan predikat cumlaude di Sekolah Pascasarjana UPI Bandung. Iis berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Program Pendidikan Kecakapan Hidup”, dihadapan tim penguji  yang terdiri dari  Prof. Dr. H. Sutaryat Trisnamansyah, MA., Prof. Dr. H. Ishak Abdulhak, M.Pd., Prof. Dr. H. Endang Sumantri, M.Ed., Dr. Ugi Suprayogi, M.Pd., Prof. Yoyon Suryono, MS., serta Prof. Fuad Abdul Hamied, M.A., Ph.D.

Hasil penelitian yang dilakukannya menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran dalam program pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan oleh LPTM Kepak Sayap telah sesuai dengan karakteristik pembelajaran orang dewasa, namun kelemahan masih terlihat pada substansi materi pelatihan yang masih menitikberatkan pada penguasaan kecakapan vokasional; 2) model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dilandasi oleh landasan filosofis dan landasan psikologis yang berhubungan dengan karakteristik warga belajar orang dewasa, dilengkapi teori belajar konstruktivistik, humanistik dan experiential learning; 3) dalam implementasinya, model ini cukup dapat diterima oleh warga belajar baik pada ujicoba terbatas maupun uji coba lebih luas; 4) uji efektivitas model dengan mengggunakan teknik Wilcoxon Signed Rank Test untuk pengujian beda rata-rata antara kelompok kontrol dan kelompok treatment menunjukkan perbedaan yang signifikan sehingga disimpulkan metode pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi warga belajar.

Iis Prasetyo lahir di Pandeglang Propinsi Banten, pada tanggal 24 September 1980. Menamatkan Sekolah Dasar di SDN Pandeglang XII tahun 1993, Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pandeglang tahun 1996, dan Sekolah Menengah Umum Negeri I Pandeglang tahun 1999. Gelar Sarjana Pendidikan diperoleh pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2003, dan Gelar Magister Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM  dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia tahun 2007. (didik/ls)