- plsfip@uny.ac.id atau plsfipuny@gmail.com
- http://pls.fip.uny.ac.id
- @jurplsfipuny
- facebook.com/plsfip.uny
You are here
Model - Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar

Pembelajaran yang efektif menekankan pada pentingnya belajar sebagai suatu proses personal, di mana setiap peserta didik membangun pengetahuan dan pengalaman personalnya. Pengetahuan dan pengalaman personal dibangun oleh setiap peserta didik melalui interaksi dengan lingkungannya. Peserta didik sendirilah mengkonstruksi makna tentang hal yang dipelajarinya. Dalam hal ini pembelajaran harus mampu mengorientasikan peserta didik untuk dapat memainkan peranannya dalam kehidupan yang akan datang dengan kemampuan, pengetahuan, sikap dan berbagai keterampilan yang telah diberikan lebih bermakna
Buku ini memamparkan tentang konsep belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran dan teori belajar. Konsep pendekatann, strategi, metode, teknik pembelajaran, Variabel strategi pembelajaran (model, strategi, metode, teknik), dan pemilihan strategi pembelajaran, Pada bagian dipaparkan mengenai paradigma I2M3 (Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Motivatif dan Menantang) dalam pembelajaran. Selanjutnya dipaparkan model-model pembelajaran inovatif yang disertai dengan contoh perangkat pembelajarannya.
Berikut ini daftar isi buku tersebut:
DAFTAR ISI BUKU
KATA PENGANTAR
BAB I
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
BAB II
PARADIGMA I2M3 DALAM PEMBELAJARAN
BAB III
STRATEGI PEMBELAJARAN
BAB IV
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
BAB V
PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK
BAB VI
PEMBELAJARAN DESCOVERY
BAB VII
PEMBELAJARAN INKUIRI
BAB VIII
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
BAB IX
PEMBELAJARAN KOLABORATIF
BAB X
PEMBELAJARAN MODEL ELABORATIF
BAB XI
PROBLEM BASED LEARNING
BAB XII
PEMBELAJARAN CREATIF PROBLEM SOLVING
BAB XIII
PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN
BAB XIV
PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA
BAB XV
PEMBELAJARAN BERBASIS ELEKTRONIK
BAB XVI
PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (ANDRAGOGI)
BAB XVII
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI
Kontak Kami
Copyright © 2025,