Model - Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar

Pembelajaran yang efektif menekankan pada pentingnya belajar sebagai suatu proses personal, di mana setiap peserta didik membangun pengetahuan dan pengalaman personalnya. Pengetahuan dan pengalaman personal dibangun oleh setiap peserta didik melalui interaksi dengan lingkungannya. Peserta didik sendirilah mengkonstruksi makna tentang hal yang dipelajarinya.  Dalam hal ini pembelajaran harus mampu mengorientasikan peserta didik untuk dapat memainkan peranannya dalam kehidupan yang akan datang dengan kemampuan, pengetahuan, sikap dan berbagai keterampilan yang telah diberikan lebih bermakna

Buku ini memamparkan tentang konsep belajar dan pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran dan teori belajar. Konsep pendekatann, strategi, metode, teknik pembelajaran, Variabel strategi pembelajaran (model, strategi, metode, teknik), dan pemilihan strategi pembelajaran, Pada bagian dipaparkan mengenai paradigma I2M3 (Interaktif, Inspiratif, Menyenangkan, Motivatif dan Menantang) dalam pembelajaran. Selanjutnya dipaparkan model-model pembelajaran inovatif yang disertai dengan contoh perangkat pembelajarannya.

Berikut ini daftar isi buku tersebut:

DAFTAR ISI BUKU

KATA PENGANTAR

BAB I

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

BAB II

PARADIGMA I2M3 DALAM PEMBELAJARAN

BAB III

STRATEGI PEMBELAJARAN

BAB IV

PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

BAB V

PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK

BAB VI

PEMBELAJARAN DESCOVERY

BAB VII

PEMBELAJARAN INKUIRI

BAB VIII

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

BAB IX

PEMBELAJARAN KOLABORATIF

BAB X

PEMBELAJARAN MODEL ELABORATIF

BAB  XI

PROBLEM BASED LEARNING

BAB XII

PEMBELAJARAN CREATIF PROBLEM SOLVING

BAB XIII

PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN

BAB XIV

PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

BAB XV

PEMBELAJARAN BERBASIS ELEKTRONIK

BAB XVI

PEMBELAJARAN ORANG DEWASA  (ANDRAGOGI)

BAB XVII

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI