PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYELENGGARAAN PROGRAM SATUAN PAUD BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Jurusan PLS FIP UNY melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan lembaga CLC dan SIKK di wilayah Kinabalu, Sabah, dan Serawak Malaysia. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama dua sesi di bulan September dan Oktober dan dikemas dalam bentuk kegiatan pelatihan dan pendampingan penyelenggaraan program CLC dengan diikuti oleh 50 peserta yang tersebar dari beberapa lembaga CLC dan SIKK di wilayah Kinabalu, Sabah, dan Serawak Malaysia. Hari ini adalah sesi pertama sekaligus pembukaan acara kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut. Sabtu (17/09/2022)

Acara tersebut dibawakan oleh Muhammad Nur Arifin selaku MC kegiatan pelatihan dan diawali dengan sambutan dari Ibu Puji Yanti Fauziah selaku ketua panitia sekaligus ketua jurusan PLS FIP UNY. Di dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, “pihak PLS FIP UNY berharap dengan adanya program pengabdian ini ada keberlanjutan program misalnya dengan dilaksanakan magang mahasiswa di lembaga CLC dan SIKK di wilayah Kinabalu, Sabah, dan Serawak Malaysia”, terangnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari wakil SIKK yaitu Bapak Aris. Beliau juga memberikan respon positif dan menerima dengan senang hati apabila kedepannya akan ada program keberlanjutan dengan PLS FIP UNY. Beliau menyampaikan bahwa, “dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan lembaga CLC dan SIKK mendapatkan bekal ilmu dan pengetahuan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan program-program kedepannya”, terangnya.

Kegiatan pengabdian tersebut dibuka langsung oleh Bapak Sujarwo selaku Dekan FIP UNY. Beliau menyampaikan bahwa, “saat ini FIP UNY tengah melakukan kerjasama dengan sekolah di Jeddah, dan FIP UNY juga membuka peluang kerjasama yang seluas-luasnya pula dengan CLC dan SIKK di Malaysia ke depannya, misalnya dalam upaya peningkatan kompetensi pendidik CLC untuk studi lanjut di UNY atau kegiatan magang mahasiswa di lembaga CLC dan SIKK di Malaysia”, terangnya.

Acara selanjutnya adalah kegiatan prestest yang dilakukan oleh para peserta pelatihan untuk melihat sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang akan disampaikan di dalam kegiatan pelatihan tersebut. Soal pretest tersebut disajikan dalam palform link melalui aplikasi google form yang berisi beberapa pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh peserta pelatihan.

Kemudian dilanjutkan oleh pemaparan materi dari Bu Tristanti dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pendampingan Pembelajaran PAUD”. Beliau menyampaikan bahwa “Pemberdayaan terjadi melalui proses, tidak sekaligus membawa perubahan perilaku pada sasaran pemberdayaan. Oleh karenanya membutuhkan proses penyadaran dari kedua belah pihak yaitu orangtua dan anak. Dan dalam hal ini dapat dilakukan melalui dukungan dari tokoh, pendidik, dan masyarakat untuk melakukan penyadaran tersebut”, jelasnya.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut sangat diapresiasi oleh pihak CLC dan SIKK. Hal ini terlihat dari beberapa antusias peserta pelatihan yang memberikan respon dan tanggapan dalam sesi diskusi setelah penyampaian materi. Harapannya kegiatan pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan awal kepada para peserta terkait upaya pemberdayaan khususnya dalam lingkup keluarga untuk mendukung program-program di CLC dan SIKK. (Adn)