Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran / Learning Outcomes

Learning outcomes atau capaian pembelajaran Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (S1) diturunkan dari profil yang telah ditetapkan. Berdasarkan masukan dari alumni, dan asosiasi profesi, tim pengembang kurikulum menyusun kompetensi lulusan yang akan dikembangkan. Implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (S1) pada setiap level kualifikasi KKNI Level 6 mencakup proses yang menumbuhkembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan khusus dan ketrampilan umum. Capaian pembelajaran program studi PLS sebagaimana tabel berikut:

Sarjana Lulusan Pendidikan Luar Sekolah Memiliki Sikap:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius, jujur dan sabar;
  • Menjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban  berdasarkan pancasila;
  • Bekerja  sama  dan  memiliki  kepekaan  sosial  serta  kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat  hukum  dan  disiplin  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan bernegara;
  • Menginternalisasi   semangat   kemandirian,   kejuangan,   dan  kewirausahaan;
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menumbuhkembangkan karakter kemandirian yang didukung oleh sikap kritis terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan informasi.

 

  Sarjana Lulusan Pendidikan Luar Sekolah Memiliki Pengetahuan:

  • Menguasai teori, konsep, prinsip dan metodologi pembelajaran pedagogi, andragogi, dan heutagogi, serta student centered learning secara proporsional sebagai aktualisasi dari asas pembelajaran sepanjang hayat yang mengedepankan pengembangan personal dan kultural, sosial dan komunitas, serta profesional.
  • Menguasai teori – teori sosial.
  • Menguasai teori  analisis kebutuhan belajar  masyarakat.
  • Memahami bidang – bidang dan sasaran pendidikan nonformal informal dalam masyarakat.
  • Menguasai  teori pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pengembangan program pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal informal  dan pemberdayaan  masyarakat.
  • Menguasi teori perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pendidikan nonformal  informal dan pemberdayaan masyarakat.
  • Menguasai metodologi penelitian dan  penyusunan   karya   Ilmiah   yang   sesuai   dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu   menginterpretasikan   dan   mengkomunikasikan   secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi.

 

Secara khusus Memiliki Keterampilan :

  • Analisis masalah – masalah sosial, pendidikan dan masalah lainnya.
  • Identifikasi dan analisis kebutuhan belajar masyarakat
  • Mengelola (merencanakan, melaksanakan, monitoring, evaluasi dan pengembangan) program pendidikan nonformal informal  dan pemberdayaan masyarakat berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.
  • Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran  pendidikan nonformal informal  dan pemberdayaan masyarakat berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.
  • Memfasilitasi dan mendampingi program pendidikan nonformal informal dan pemberdayaan masyarakat.
  • Menerapkan berbagai metode dan pendekatan pendidikan orang dewasa dalam pelaksanaan program PNFI berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan
  • Menyusun  Karya  Ilmiah  yang  sesuai  dengan  prosedur ilmiah  berdasarkan  analisis,  informasi  dan  data  serta  mampu menginterpretasikan dan mengkomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi.

 

Secara Umum Memiliki Keterampilan :

  • Menerapkan gagasan inovatif-kreatif  dalam program penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan nonformal dan informal berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.
  • Mampu mengambil keputusan yang berbasis riset pendidikan  non formal informal untuk  pemberdayaan masyarakat  menuju masyarakat maju mandiri  berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.
  • Bertanggung jawab dalam bidang  pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal informal untuk pemberdayaan masyarakat  menuju masyarakat maju mandiri  berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.
  • Memanfaatkan dan mereview Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam pengelolaan program penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan  pendidikan nonformal dan informal berbasis pengetahuan yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan dan kebangsaan.

 

 



Pendahuluan
Visi & Misi Profil Lulusan
Capaian Pembelajaran Sebaran Kurikulum