Sekolah Panitia HIMA PLS 2017

Jum’at (24/3). Untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa PLS angkatan 2016 terkait dengan kepanitiaan, Bidang PSDM HIMA PLS FIP UNY 2017 menyelenggarakan program Sekolah Panitia dengan tema “Peningkatan Kompetensi Kepanitiaan Mahasiswa PLS Melalui Sekolah Panitia” bertempat di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Fatma Rahmawati selaku Ketua Panitia dan Ibu Fitta Umaya Santi, M.Pd. selaku Pendamping Mahasiswa.

Sekolah Panitia PLS merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai dasar-dasar kepanitiaan dengan harapan peserta kegiatan mampu berkompeten dan profesional dalam setiap kegiatan kepanitiaan baik di dalam maupun di luar kampus.

Pengisi materi berasal dari mahasiswa UNY yang sudah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Materi yang disampaikan yaitu mengenai Leadership oleh Rahmat Dwi Sanjaya (PLS/FIP), Sponsorship oleh Rahmat Hidayat Asri (Ilmu Komunikasi/FIS), Publikasi Dekorasi Dokumentasi (PDD) oleh Arif Nur Rohman (PLS/FIP), Humas oleh Rini Yuliana dan Dini Azizah Muzdalifah (PLS/FIP), Perlengkapan oleh Sutrisno (PLS/FIP), dan Acara oleh Zainda Usmana Aulia (PBSI/FBS).

Untuk membangkitkan antusias peserta, sebelum penyampaian materi leadership disisipkan hiburan stand up comedy oleh Dio Sepriandi komika yang berasal dari PGSD Penjas FIK UNY yang membuat suasana pecah, ditambah lagi dengan aksi mengelitik dari para MC, Ahmad Luthfi Abdul Majid dan Luthfy Maulida Nur Khasanah (PLS/FIP). Setelah itu barulah penyampaian materi Leadership.

Selanjutnya, agar peserta tidak merasa bosan dalam menerima materi, peserta dibagi menjadi lima kelompok dan bergantian untuk menerima materi satu dan yang lainnya. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi adalah dengan diskusi antara pembicara dengan peserta. Pesertapun terlihat sangat senang menerima materi dari para exspert. Hingga waktu yang diberikan oleh panitia terasa singkat.

Selain untuk menambah pengetahuan tentang kepanitiaan, harapnya dengan diselenggarakan acara mahasiswa PLS menjadi lebih aktif dan dapat berkontribusi dengan baik dalam kegiatan intra maupun extra kampus.

 

 

Penulis : Fatma Rahmawati dan Ratih Setyawati (PLS A 2015)

Editor : Mareta Puspita