Pelatihan Pengelolaan BUMDES Gumbregah Oleh Tim KKN PLS Desa Gununggajah

Tim KKN PLS UNY Desa Gununggajah lakukan Pelatihan Pengelolaan BUMDES di Desa Gununggajah yaitu BUMDES Gumbregah. Sebelum melakukan pelatihan Tim KKN PLS UNY Desa Gununggajah yang dibimbing oleh Bapak Dr. Hiryanto, M.Si. melakukan survei lapangan mengenai kondisi bumdes yang ada di Desa Gununggajah.

Setelah itu Tim melakukan observasi dengan metode wawancara kepada ketua Bumdes Gumbregah untuk mengetahui keadaan Bumdes secara kelembagaan maupun pengelolaan. Didapatkan data bahwa Bumdes ini terdiri dari 8 pengurus dan terfokus pada pengelolaan wisata Desa Gununggajah yaitu Bukit Cinta. Setelah mengetahui gambaran internal Bumdes Gumbregah selanjutnya dilakukan koordinasi kepada pengelola untuk dapat melaksanakan pelatihan peningkatan pengelolaan bumdes. Tujuan dari kegiatan pelatihan tersebut tidak lain untuk menambah performa pengelola dalam mengelola dana desa yang bersumber dari sektor wisata desa.

Tahapan selanjutnya Tim KKN PLS Desa Gununggajah melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa Gununggajah mengenai kegiatan pelatihan peningkatan pengelolaan Bumdes Gumbregah yang nantinya akan berdampak langsung bagi kemajuan desa.

Acara dalam Pelatihan Pengelolaan BUMDES ini dilaksanakan pada Senin, (5/9/2022)  yang bertempat di Balai Desa Gununggajah. Narasumber pelatihan tersebut dari Kemendes RI.  Pelatihan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB yang dihadiri oleh 21 orang yang terdiri dari pengelola Bumdes dan perangkat desa.

Setelah acara pelatihan berhasil dilaksanakan maka dilaksanakan proses evaluasi yang ditujukan kepada pengelola bumdes. Evaluasi ini digunakan untuk mengukur keberhasilan program yang telah terlaksana. Tahapan terakhir dari pelatihan ini adalah pendampingan untuk melakukan monitoring mengenai peningkatan pengelolaan Bumdes terutama dalam pengelolaan objek wisata Bukit Cinta. (Arfn)