PELATIHAN KETERAMPILAN MENJAHIT BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI SKB KULON PROGO

Telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan keterampilan menjahit bagi warga belajar paket C di SKB Kulon Progo oleh Faisal Ahsin Khuluqi dibawah bimbingan Ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd., Adanya pelatihan menjahit ini agar peserta didik tidak hanya memiliki pengetahuan tapi juga mempunyai keterampilan. dimana para warga belajar mendapatkan materi mengenai pola menjahit, teknik menjahit dan pemilihan bahan kain. Selanjutnya para warga belajar Kejar Paket C mempraktekkan menggunakan mesin jahit yang tersedia di ruang Menjahit.

Dalam kegiatan tersebut para warga belajar bebas bertanya dan mendapatkan arahan dari tutor berkenaan dengan cara menggambar pola maupun saat praktek menjahit. Kegiatan Pelatihan menjahit ini sebagai langkah untuk menambah keterampilan warga belajar di Paket  C kelas 10 dan 12. Kegiatan ini rutin dilaksanakan seminggu  dua kali di hari senin dan selasa pukul 13.00-16.-00 WIB yang diikuti oleh 10 peserta dan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman di bidangnya. Kegiatan ini dilaksanakan sampai dengan tahap Uji Kompetensi Menjahit sehingga bisa digunakan untuk bekal keterampilan peserta didik dimasa yang akan datang.

Praktek menjahit dilaksanakan langsung oleh masing-masing peserta pelatihan dengan menggunakan satu mesin jahit setiap anak. Untuk tes nya diberikan melalui pemberian pola gambar celana, dimana selanjutnya para peserta diminta untuk menjahit mengikuti pola hingga dapat terbentuk sebuah celana yang sempurna disesuaikan dengan pola desain gambar yang tersedia.

Dalam menjahit dasar, diperlukan berbagai peralatan dan perlengkapan, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Mesin jahit
  • Pita ukuran, mistar atau penggaris
  • Gunting pemotong bahan busana, gunting zig zag, gunting lubang kancing, gunting border
  • Pendedel (pembuka jahitan)
  • Kapur jahit
  • Benang jahit, benang sutra, benang wol, benang border, benang kasur
  • Jarum tangan, jarum jahit mesin, jarum kait, jarum pentul, jarum kasur.

Persiapan sebelum melaksanakan menjahit dasar dan menggunakan mesin jahit, dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Sikap duduk: duduk dengan tegak dan tidak membungkukkan badan, usahakan tulang punggung pada keadaan lurus.
  • Latihan gerakan kaki: sebaiknya diawali terlebih dahulu dengan latihan menggerakkan kedua kaki dengan jarum mesin jahit dihentikan dan posisi kaki kiri dan kaki kanan agak diserongkan.
  • Memasang jarum: longgarkan sekrup jarum, kemudian tentukan letak jarum. Bagian pipih atau yang membulat letakkan diluar.
  • Memasang benang atas: perlahan tarik benang pada gulungan benang, kemudian dikaitkan pada perangkat pengatur benang atas sebelah kiri mesin dan terakhir dimasukkan pada jarum mesin jahit.
  • Memasang benang pada kumparan: kumparan dimasukkan kedalam sumbu yang terletak pada bagian kanan mesin. Lingkarkan benang pada kumparan beberapa kali dengan tangan. Atur penekan kumparan ke kumparan dan isilah kumparan dengan cara menjalankan mesin.
  • Memasukkan kumparan kedalam rumah kumparan: sisakan benang dari kumparan kira-kira 10 cm. peganglah kumparan dengan tangan kanan dan rumah kumparan dengan tangan kiri. Kemudian masukkan kumparan tersebut kedalam rumah kumparan. Selipkan sisa benang melalui klep rumah kumparan dan tariklah ujung benang tersebut. Langkah terakhir adalah memasukkan rumah kumparan kedalam mesin jahit.

Peserta didik membuat dua celana, satu celana dibawa pulang untuk SKB. Pelatihan menjahit ini berupa pembuatan celana pendek, pembuatan celana pendek ini berdasarkan teknik yang tidak terlalu sulit untuk basic peserta didik yang tidak memiliki keterampilan menjahit.

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan celana pendek :

Ukuran yang dibutuhkan :

  1. Lingkar pinggul
  2. Tinggi pesak
  3. Panjang celana
  4. Lingkar kaki bawah

Langkah kerja membuat celana :

  1. Buat pola pada kertas pola sesuai  ukuran
  2. Lipat bahan, tempelkan pola pada bahan, potong bahan sesuai pola dengan diberi diberi kelebihan 1 ½ cm untuk jahitan
  3. Jahit sisi bagian paha kedua pola celana, obras
  4. Jahit bagian pesak, lalu obras
  5. Lipat bagian pinggang 5 cm
  6. Pasang elastis dengan ukuran ( ½ lingkaran pinggang + 10 cm)
  7. Jahit bagian bawah celana (4cm)
  8. Finishing (membersihkan sisa-sisa benang, lalu setrika)