ORIENTASI PRAKTIK MATA KULIAH KONSENTRASI PLS

Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2020 melaksanakan orientasi mata kuliah konsentrasi sesuai dengan mata kuliah yang dipilihnya pada (31/01/2023) di Lab. PAUD lantai 3. Agenda hari ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2020, dosen pengampu mata kuliah konsentrasi dan lembaga mitra.

Mata kuliah konsentrasi yang ditawarkan oleh departemen pendidikan luar sekolah diantaranya adalah Pendidikan dan Pelatihan, Pekerja Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Keluarga dan Wisata Edukasi. Dengan adanya 4 konsentrasi tersebut, maka departemen PLS bekerjasama dengan AELI DIY, Bangunkerto Village, BBPPKS, BBPPM, Bina Insan Mandiri, BKKBN, Desa Gilikerto, Desa Merdikorejo, Dream House, Homeschooling Entrepeneur, P3AP2KB, PKBM Glondong, NGO Rifka Annisa, SOS Childern Village, PKH Jatirejo dan Yayasan Wredha Mulya Pakualaman.

Dilaksanakannya orientasi praktik konsentrasi ini untuk menyamakan persepsi antara departemen pendidikan luar sekolah dan lembaga mitra yang dijadikan tempat praktik mahasiswa. Tujuan dari adanya praktik mata kuliah konsentrasi adalah menyiapkan mahasiswa agar menjadi lulusan yang bermutu yang dapat melaksanakan pengelolaan dan pembelajaran pendidikan nonformal yang ada di satuan pendidikan dan/atau masyarakat dengan memberikan proses pembelajaran berbasis pengalaman nyata sebagai upaya peningkatan kompetensi dan profesionalitas mahasiswa. 

Bapak Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd selaku Dekan Pendidikan Luar Sekolah membuka agenda orientasi dengan memberikan pesan kepada mahasiswa departemen pendidikan luar sekolah untuk menjaga sikap dan tata krama sebagai mahasiswa serta bersungguh-sungguh dalam melaksanakan praktik orientasi. Ibu Dr. Puji Yanti Fauziyah, M.Pd mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada lembaga mitra yang sudah memberikan waktunya untuk datang dan bekerjasama kurang lebih 3 bulan kedepan.

Selanjutnya, agenda di lanjutkan dengan berkumpul antara mahasiswa dengan lembaga tempat praktik untuk pengenalan dan pendekatan secara kultura. Agenda ditutup dengan foto bersama. Semoga dengan adanya orientasi praktik mata kuliah konsentrasi ini dapat memberikan semangat kepada mahasiswa untuk terun kelapangan kurang lebih 3 bulan ke depan. (shr)