Kunjungan Studi PLS FIP UNG ke Prodi PLS FIP UNY

Senin, 5 Mei 2014, Jurusan PLS FIP UNY menerima Kunjungan Studi dari Mahasiswa Prodi PLS FIP Universitas Negeri Gorontalo. Kunjungan studi tersebut sebagaimana di sampaikan oleh pimpinan rombongan, yaitu dalam rangka pengembangan kompetensi mahasiswa. Dalam kunjungan tersebut hadir 29 Mahasiswa Prodi PLS FIP UNG, didampingi oleh 5 Dosen Prodi PLS.

Dalam sambutannya, Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd mengucapkan selamat datang di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. UNY yang sekarang menginjak usia emas, 50 tahun terus berupaya untuk meningkatkan layanan pendidikan kepada mahasiswa. Dekan juga menyampaikan sedikit banyak terkait profil prodi – prodi yang ada di FIP baik di level S1 maupun level S2. Turut hadir juga Wakil Dekan I, Dr. Sugito, MA, dan Wakil Dekan III, Dr Suwarjo, M.Si.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian profil Prodi PLS, yang disampaikan oleh Ketua Jurusan/Prodi PLS, Dr. Sujarwo, M.Pd. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan profil Prodi PLS terkait Visi Misi, Profil Dosen, Mahasiswa, sarana prasarana dan program – program yang dikembangkan oleh Prodi PLS kerjasama dengan pihak luar. Beberapa program kerjasama yang saat ini masih berlangsung diantaranya program Pembelajaran Luar Sekolah di Kebun Binatang Gembira Loka (PLS GLZOO), Labsite luar kampus di Omah Pasinaon,  Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul.

Acara diakhiri dengan diskusi baik dari mahasiswa UNG maupun dosen UNY. Mereka saling berbagi informasi. Setelah acara di UNY, Prodi PLS UNY mengajak rombongan ke Labsite Omah Pasinaon  yang berdekatan dengan Desa Wisata Gua Pindul. Dalam kesempatan itu, Ketua Omah Pasinaon, Yudan Hermawan, S.Pd menyampaikan program  program yang dikembangkan oleh Omah Pasinaon, diantaranya program Taman Bacaan Masyarakat, PAUD, Senam, Karawitan, dan Pemberdayaan Masyarakat sekitar Desa Wisata Gua Pindul.
Tampak antusiasme dari mahasiswa dan Dosen PLS UNY, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Mas Yudan terkait trik – trik pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desa wisata. Kunjungan studi dikahiri dengan memasuki Gua Pindul. (mata)