Keren! 3 Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah UNY Mengikuti Program Pejuang Muda Kementrian Sosial RI

Sebanyak 11.109 mahasiswa di seluruh Indonesia mendaftar program pejuang muda dari Kementrian Sosial RI dan hanya sebanyak 5.140 mahasiswa yang lolos di seleksi akhir. Proses seleksi dimulai dengan seleksi berkas yang mana peserta diharuskan untuk mengumpulkan CV, portofolio, transkip nilai dan essay dengan tema kewirausahaan sosial. Mahasiswa yang lolos seleksi berkas selanjutnya melakukan seleksi LGD (Leaderless Group Discussion). Dari 3 mahasiswa Pendidikan luar sekolah UNY yang mendaftar, semuanya dinyatakan lolos yaitu Aulia Nishful Laila, Lilik Novitasari dan Nurul Nur Khasanah. Penempatan mereka pun tersebar di Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan.

Program ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan, adapun tugas pejuang muda yaitu melakukan verifikasi dan validasi data KPM dan melakukan proyek sosial guna mengentaskan kemiskinan.

Dikutip dari situs Kemensos RI, Pejuang Muda adalah laboratorium sosial bagi para mahasiswa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara konkret. Melalui Program setara 20 SKS ini, mahasiswa akan ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, pemuka masyarakat, tokoh agama setempat serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah.

Program Pejuang Muda kolaborasi Kementerian Sosial dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) diluncurkan Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai bagian dari upaya percepatan pengentasan masalah sosial di Indonesia, secara virtual pada Jumat (17/09). Beliau menyampaikan bahwa "Program ini nantinya memiliki fokus social entrepreneurship (kewirausahaan sosial). Mahasiswa diberikan kesempatan mencari pengalaman di lapangan secara langsung ke daerah prioritas yaitu daerah pascabencana, daerah kantong-kantong kemiskinan, daerah Komunitas Adat Terpencil (KAT) di seluruh nusantara. (lai/nov/dur/dik)