PELEPASAN MAHASISWA PRAKTIK JURUSAN KONSENTRASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI PKBM GLONDONG

Kamis, 16/2/23 mahasiswa departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) melaksanakan praktik jurusan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Glondong. Kegiatan praktik jurusan ini dilaksanakan selama satu semester. Terdapat tujuh mahasiswa konsentrasi pemberdayaan masyarakat yang diterjunkan di PKBM tersebut untuk melaksanakan praktik. Penerjunan mahasiswa dilaksanakan oleh dosen pendamping lapangan (DPL) bersama mahasiswa dan pengelola lembaga PKBM.

Bu Nurma selaku pengelola lembaga PKBM menjelaskan bahwa, “saya sangat mengapresiasi tujuan teman-teman mahasiswa untuk melaksanakan praktik disini. Saya berharap kita semua dapat belajar bersama selama kegiatan praktik teman-teman mahasiswa disini”, terangnya.

Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan bahwa, “PKBM Glondong memiliki dua unit, unit 1 untuk laboratorium, dan unit 2 untuk 1 kantor dan 8 ruang kelas. Siswa kesetaraan di PKBM Glondong juga dari berbagai daerah baik nasional maupun internasional misalnya Belanda, Australia, dan Malaysia, dimana para peserta didik tersebut dibimbing oleh 14 orang tutor. Selain program kesetaraan, di PKBM Glondong juga terdapat program Keaksaraan Fungsional (KF), dan Life Skill”, terangnya.

Bu Adin selaku dosen pendamping lapangan juga menjelaskan bahwa, “pihak departemen PLS sangat berterima kasih atas penerimaan dan penyambutan teman-teman mahasiswa untuk melaksanakan praktik di PKBM Glondong. Harapannya teman-teman mahasiswa dapat belajar secara langsung di lembaga terkait diagnosis analisis kebutuhan, perencanaan program, pelaksanaan program, hingga evaluasi terkait program-program pemberdayaan masyarakat”, jelasnya.

Pada intinya pihak PKBM Glondong sangat menerima dengan baik kehadiran teman-teman mahasiswa untuk praktik jurusan di lembaga. Kedua belah pihak baik PKBM maupun departemen PLS juga berharap kerjasama ini dapat berlangsung secara berkelanjutan untuk mendukung program-program selanjutnya. (Adn, 16/2/23)