KOORDINASI GEMBIRA LOKA ZOO DAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNY

Menindaklanjuti kerjasama antara Gembira Loka Zoo (GL Zoo) dengan Departemen Pedidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Yogyakarta yang sempat vakum karena peraturan terkait pandemi covid-19, rencananya pada bulan Februari 2023 akan kembali dilaksanakan kerjasama antara GL Zoo dengan PLS UNY.

Acara koordinasi kerjasama ini berlangsung di ruang sidang 2 ormawa FIPP pada (13/01/2023) yang dihadiri oleh Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd selaku dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY berserta jajaran dosen departemen pendidikan luar sekolah dan pihak gembira loka zoo.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd menyampaikan ucapan selamat datang kepada pihak gembira loka zoo dan menyampaikan keinginannya setelah ini semoga kerjasama antara GL Zoo dan PLS UNY dapat dilaksanakan kembali dan menghasilkan kerjasama yang baik sehingga mahasiswa nantinya mampu mempraktekkan ilmu kepemanduan dan bisa belajar di lapangan secara langsung.

"Kerjasama ini fokus terhadap pendampingan pengunjung dari sekolah, adapun nantinya perlu adanya penyesuaian yang dilakukan seperti pengadaan pelatihan dan pembekalan bagi mahasiswa PLS yang hendak memandu di GL Zoo agar mahasiswa memiliki bekal sebelum terjun dilapangan" ujar Yosi Hermawan dari pihak GL Zoo.

Dijelaskan oleh Bapak Rofiq, M.Pd selaku ketua laboratorium dapertemen pendidikan luar sekolah bahwa nantinya dari pengurus PLS x GL Zoo akan merencanakan program-program baru yang dapat mendukung keberhasilan kepemanduan di GL Zoo. sehingga harapannya nanti ada pengembangan program yang mendorong pengunjung keberlanjutan.

Usai acara koordinasi persiapan kerjasama selesai. dilanjutkan pemberian cindera mata dari GL Zoo kepada departemen PLS berupa kalender dan dilanjutkan foto bersama. (shr)